Sepakbola Wanita

Senin, 11 Juni 2012

FIFA dan Perkembangan Sepakbola Wanita

Perkembangan sepakbola wanita kini menjadi perhatian FIFA. Untuk itu, FIFA meluncurkan program FIFA GOAL, yang memberikan bantuan demi perkembangan sepakbola wanita di sejumlah negara, termasuk di Indonesia.
Salah satu bentuk program bantuan itu untuk Indonesia adalah mengirim FIFA Marketing Consultant, Michelle Cox yang didampingi oleh Dato Yap Nyim Keong sebagai Honorary Secretary Asean Football Federation. Selama empat hari, Michelle Cox dan Dato Yap melakukan serangkaian kegiatan yang disebut Women’s Football Marketing Support Program.
Dengan ditemani oleh Direktur Sepakbola Wanita Ibu Eha Habibah, Sekjen PSSI Bpk. Nugraha Besoes, kedua utusan FIFA tersebut bertandang ke kantor pusat KONI/KOI hari Jumat lalu (10/7) untuk berdiskusi dengan Ibu Ketua Umum, Rita Subowo ditemani oleh Bpk. Indra kartasasmita, Wakil Ketua serta Bpk. Arie Ariotedjo, Sekjen KOI.
Menurut Michelle Cox, “Marketing merupakan salah satu sarana terpenting sekaligus merupakan pokok persoalan dalam hal pembinaan sepakbola wanita. Oleh sebab itu, FIFA akan mencoba untuk membantu negara – negara anggotanya demi peningkatkan kinerja marketing untuk masing – masing negara.”
Tambahan dari Bpk. Nugraha Besoes, “Indonesia termasuk dalam program karena FIFA mempertimbangkan jumlah populasi Indonesia yang sangat berpotensi untuk menghasilkan atlet -atlet berprestasi.”
Dato Yap juga mengatakan bahwa program ini tidak hanya untuk mensosialisasikan sepakbola sebagai olahraga, namun juga sarana untuk mengangkat masalah – masalah sosial. Seperti halnya di Inggris, pemerintahnya menggunakan sepakbola untuk mengangkat masalah obesitas. Dengan demikian, federasi sepakbola nasional Inggris mendapatkan bantuan dana yang cukup besar dari departemen kesehatan.
Disamping berdiskusi, Michelle Cox & Dato Yap Nyim Keong akan melakukan kunjungan ke sejumlah daerah untuk bertemu dengan klub sepakbola wanita dan berdialog dengan sekolah-sekolah yang memiliki tim sepakbola wanita. “Indonesia punya potensi besar di bidang sepakbola wanita. Namun selain sponsor swasta, dukungan pemerintah pusat dan daerah juga sangat menentukan perkembangan sepakbola wanita di Negeri ini,” ujar Michelle.
Inti dari kunjungan ini adalah meminta kepada Indonesia, baik pemerintah, masyarakat & pelaku olahraga untuk lebih memperhatikan sepakbola wanita di Indonesia & tidak menganggap sebelah mata kemampuan atlet – atlet wanita Indonesia karena jika ditilik dari prestasi di kancah Internasional, sebenarnya Sepakbola Wanita Indonesia bisa dibilang lebih berprestasi ketimbang sepakbola prianya. Di ranking sepakbola wanita resmi yang dikeluarkan FIFA – Induk Sepakbola Dunia, Tim Wanita kita menempati posisi ke 68, sementara di Asia kita masuk ke dalam 20 besar yakni posisi ke 13. Sementara tim pria berada di urutan 140an dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar